Senin, 16 Februari 2015

Objek wisata Gunung Bromo yang populer dan sering dikunjungi

Berwisata ke Bromo bagi sebagian orang adalah pengalaman yang sulit terlupakan, karena keindahan dan keelokan alamnya yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Secara umum berwisata ke Bromo adalah melihat matahari terbit dan kawah, tetapi sebenarnya masih banyak yang bisa digali dari hanya melakukan hal tersebut. Selain Penanjakan dan Kawah Bromo, masih ada banyak objek wisata yang menawan dan layak untuk anda kunjungi, antara lain; Pasir Berbisik, Savanna Bukit Teletubbies, Bukit kingkong, Bukit Cinta, Widodaren, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Coban Pelangi, B29, dan beberapa objek wisata lain yang belum diekspos.

Objek wisata Gunung Bromo dan sekitarnya

Objek wisata Gunung Bromo dan sekitarnya meliputi wilayah taman nasional Bromo Tengger Semeru yang mana merupakan daerah yang dilindungi dan dijaga kelestariannya. Kami akan memberi gambaran mengenai masing-masing objek wisata mulai dari yang paling populer sampai yang belum sempat diekspos ke publik.

Objek wisata Gunung dan Kawah Bromo

Perjalanan wisata ke Bromo identik dengan naik gunung dan melihat kawah Bromo. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, tetapi memang sebagian besar orang rasanya kurang lengkap bila berwisata ke Bromo belum melihat kawah, karena Gunung dan kawah Bromo adalah tujuan wisata yang paling populer hingga saat ini. Naik kuda menuju bawah tangga dilanjutkan mendaki sekaligus menghitung jumlah anak tangga dan sampai di puncak melihat kepulan asap dari kawah yang membumbung tinggi dan tidak ada habisnya, itulah pengalaman unik yang bisa dirasakan saat menikmati objek wisata Gunung Bromo yang sulit didapatkan di tempat lain.

Objek wisata matahari terbit Penanjakan 1

Berwisata ke Penanjakan secara umum bertujuan untuk melihat matahari terbit, itulah sebabnya kenapa pemberangkatan perjalanan wisata bromo dimulai dengan menuju tempat ini dan berangkat sekitar jam 3 pagi. Dengan lokasi yang sangat tinggi di Penanjakan 1 memungkinkan untuk melihat matahari terbit dengan pemandangan yang sangat bagus, disertai pemandangan alam sekitar terutama gugusan gunung-gunung dan awan yang mempesona yang bisa dinikmati dari puncak. Saat lautan pasir rata dengan kabut, pada saat itu pemandangan dari Penanjakan sangat luar biasa indahnya, seperti berada di negeri dongeng atau negeri di atas awan.

Objek wisata padang rumput Savanna

Keunikan dari padang rumput Savanna adalah hamparan rumput yang luas dengan bukit-bukit yang berbentuk seperti serial tv anak ( teletubbies), dan hamparan rumput yang datar dan luas dan itu ada di daerah pegunungan. Tumbuhan yang biasa tumbuh di Savanna antara lain pakis, alang-alang, adas, dan beberapa tumbuhan lain yang cocok untuk daerah berpasir. Pada bulan Januari sampai Maret biasanya Savanna terdapat hamparan putih yang luas, dan itu bukan salju tetapi bunga dari tanaman alang-alang yang berbunga secara bersamaan.

Objek wisata Pasir Berbisik

Tempat ini mulai populer sejak dijadikan tempat syuting film pasir berbisik, sebelumnya objek wisata ini masih belum sempat diekspos secara luas. Keunikan dari wisata Pasir Berbisik adalah terdapat hamparan pasir bergelombang yang luas, bukit-bukit pasir disertai batu-batu bekas lahar menjadikan tempat ini sangat menarik bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan dengan berfoto-foto. Ada juga yang menjadikan tempat ini untuk lokasi foto prewedding.

Objek wisata Mentigen

Mentigen adalah lokasi yang bagus untuk melihat matahari terbit, dan memang dari tempat ini bisa leluasa melihat sunrise sekaligus pemandangan Bromo dan sekitarnya saat matahari mulai muncul. Kelebihan dari lokasi wisata Mentigen adalah bisa melihat matahari terbit dan pemandangan Gunung Bromo tidak kalah dari Penanjakan 1 tetapi dengan biaya perjalanan yang lebih murah. Nama lokasi ini diambil dari tanaman khas pegunungan dengan daun kecil-kecil tebal, berwarna kemerah-merahan yang namanya pohon mentigen.

Objek wisata Penanjakan 2

Dinamai Penanjakan 2 karena lokasinya berdekatan dengan Penanjakan 1 tetapi lokasinya lebih rendah. Lokasi bisa ditempuh dari Cemoro Lawang menuju ke arah barat tanpa melewati tiket masuk. Sebenarnya tujuan awal terbentuknya Penanjakan 2 adalah rencana membuat jalan pintas menuju Penanjakan 1 dari Cemoro Lawang tanpa melewati lautan pasir, akhirnya karena alasan jalan yang terlalu terjal maka dibuatlah objek wisata ini. Bagi yang suka tantangan, bisa berjalan kaki dari Cemoro Lawang menuju Penanjakan 1 melewati Penanjakan 2 dan Bukit Kingkong.

Objek wisata Bukit Kingkong

Bukit Kingkong adalah salah satu pilihat melihat matahari terbit selain Penanjakan, selain lokasinya yang sudah bersih dan baru selesai dibangun, salah satu objek wisata bromo yang masih baru ini memiliki pemandangan alam yang sangat menarik. Bila Penanjakan 1 penuh sesak maka melihat sunrise di Bukit Kingkong adalah pilihan yang tepat.

Objek wisata Bukit Cinta

Dinamai Bukit Cinta bukan berarti tempat untuk menyatakan cinta kepada pasangan, tetapi karena pemandangan dari lokasi sangat indah dan menawan. Biasanya tempat ini dijadikan tempat singgah setelah melihat matahari terbit di Penanjakan, biasa dijadikan tempat untuk mengambil foto dan sebagian ada yang melihat matahari terbit dari tempat ini.

Demikian beberapa objek wisata Gunung Bromo dan sekitarnya, masih ada beberapa lokasi yang belum kami sebutkan disini dan akan kami tambahkan secara berkala.

0 komentar:

Posting Komentar